Tanya Dokter SehatQ.com! Bau Mulut Bisa Menjadi Pertanda Penyakit

19.23

Sebagian orang seringkali mengeluhkan bau mulut yang dialaminya. Bau pada mulut ini terkadang dirasa sangat mengganggu dan berbau tajam. Perlu Anda ketahui, bahwa kondisi ini tidak hanya disebabkan oleh kebersihan mulut yang tidak terjaga saja. Tapi, permasalahan ini juga bisa terjadi akibat penyakit yang mengakibatkan efek bau di area mulut.

Mengenal Penyakit yang Ditandai dengan Bau Mulut

Kondisi mulut bau yang disebabkan oleh penyakit, umumnya disertai bau yang khas tergantung dari jenis penyakitnya. Mulai dari bau mulut busuk sampai aroma asam. Jika memperhatikan keluhan tersebut, mungkin saja beberapa penyakit ini sedang dialami. Dari sekian banyak penyakit yang mungkin menyerang tubuh, beberapa di antaranya ditandai dengan bau pada mulut. Meski tidak dapat dijadikan indikasi utama, tetapi kondisi ini perlu diwaspadai.

1. Sleep Apnea

Bau yang normal di area mulut adalah menyerupai kondisi seperti Anda baru bangun dari tidur. Selama tidur, produksi air liur menjadi berkurang yang membuat bakteri bisa tumbuh lebih banyak di dalam mulut. Kondisi ini sering sekali dialami oleh orang yang mengidap sleep apnea dan mendengkur saat tidur. Periksa pada dokter untuk memastikannya lebih lanjut.

2. Radang Gusi

Penyakit lain yang juga disebabkan oleh bau mulut adalah peradangan pada gusi. Ketika gusi mengalami peradangan yang diakibatkan oleh bakteri, maka akan mengakibatkan munculnya cairan bau mulut busuk. Hal ini tentunya dibarengi dengan rasa sakit yang luar biasa. Kunjungi dokter gigi untuk memastikan tidak ada komplikasi lainnya.

3. Infeksi Saluran Pernapasan

Kondisi mulut berbau selanjutnya adalah disebabkan oleh gangguan infeksi saluran pernapasan. Infeksi bisa menyebabkan produksi sel dan lendir di area mulut menjadi berkurang, terutama bila hidung tersumbat. Hal ini bisa membuat mulut menjadi kering dan meningkatkan pertumbuhan bakteri. Kondisi yang mungkin dialami seperti flu, selesma, bronkitis, hingga sinusitis.

4. Penyakit Asam Lambung

Mulut berbau tidak sedap juga bisa dikarenakan penyakit asam lambung atau GERD. Mulut akan cenderung menimbulkan bau asam. Kondisi ini terjadi karena naiknya asam lambung ke kerongkongan dan menimbulkan bau. Hal ini tentu dibarengi dengan sakit pada bagian perut, bisa bagian kanan maupun kiri.

5. Diabetes

Bau mulut yang muncul karena diabetes cenderung berbau seperti buah dan manis. Kondisi ini terjadi karena jumlah insulin tubuh tidak mencukupi kebutuhan. Sehingga pengambilan gula dari darah terganggu dan membuat tubuh membakar lemak. Kondisi ini menyebabkan pembentukan asam yang akhirnya membuat mulut berbau seperti buah.

6. Penyakit ginjal

Penyakit ginjal cenderung memunculkan bau pada mulut yang menyerupai urine atau berbau amis. Metabolisme ginjal tidak berjalan baik bila terjadi gangguan di dalamnya. Sehingga kondisi demikian dapat menyebabkan penumpukan racun dan zat sisa. Zat sisa inilah yang akhirnya menyebabkan kondisi mulut menjadi berbau.

7. Penyakit Jantung

Penyebab bau pada mulut lainnya adalah penyakit jantung yang juga bisa menimbulkan gusi berdarah. Gangguan peradangan pada mulut inilah yang secara tidak langsung memicu mulut berbau. Anda bisa memanfaatkan layanan di SehatQ untuk bertanya pada dokter mengenai kondisi yang dialami.

Apabila Anda mengalami bau mulut dengan aroma yang tidak biasa dan berkelanjutan, sebaiknya periksakan diri ke layanan kesehatan. Manfaatkan layanan tanya dokter di SehatQ.com untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda. Ingatlah bahwa kondisi mulut berbau bisa menjadi tanda penyakit tertentu. Jangan menyepelekan kondisi ini.!

0 komentar