Manfaat Buah Ciplukan untuk Darah Tinggi

03.42
Manfaat Buah Ciplukan untuk Darah Tinggi

Banyak orang yang masih belum tahu tentang manfaat buah ciplukan untuk darah tinggi dan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang lain, karena buah ini memang tumbuh liar dan tidak dibudidayakan bahkan saat ini cenderung langka.

Padahal buah dengan nama latin Physalis angulate L yang masuk ke dalam suku Solanacee ini merupakan herbal yang ampuh dan telah digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit sejak dahulu kala.

Baca juga: Manfaat Buah Bit untuk Penderita Darah Tinggi

Khasiat ampuh dari buah yang hanya tumbuh pada saat musim hujan ini tidak hanya pada buahnya yang berbentuk bulat kecil, tapi juga pada seluruh bagian tanamannya, mulai dari akar, batang, daun hingga bunganya.

Hal tersebut disebabkan karena buah ciplukan memiliki kandungan zat dan senyawa yang jarang dimiliki oleh tanaman lain. Pada bagian buah misalnya, terkandung asam sitrus, tanin, physalin, kriptoxantin, alkaloid, asam sitrus, asam malat, zat gula dan vitamin C.

Untuk bagian akar dan batang senyawa yang terkandung diantaranya saponin dan flavonoid, bagian daun mengandung asam klorogenat dan polifenol, sedang bijinya mengandung asam elaidik.

Dengan kandungan zat dan senyawa yang dimilikinya itulah, Hieronymus Budi Santoso dalam penelitiannya yang ditulis pada buku berjudul “Khasiat Tanaman Obat” yang terbit pada tahun 2008 mengambil kesimpulan bahwa buah ciplukan memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit,

Beberapa jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi buah ciplukan diantaranya adalah: diabetes, batu ginjal, borok, bisul, sariawan, influenza, bronkitis, ayan, sebagai anti-oksidan serta menyembuhkan hipertensi atau darah tinggi.

Mengambil manfaat buah ciplukan untuk darah tinggi dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu:

  • Ambil buah ciplukan yang sudah dikeringkan sebanyak 5 gram dan rebus dengan air sebanyak 110 mililiter selama 10 – 15 menit. Saring rebusan air tersebut, tunggu hingga dingin dan minum sehari 2 kali.  
  • Rebus daun ciplukan kering sebanyak 10 gram ke dalam 150 mililiter air selama 10- 14 menit. Saring rebusan air tersebut, tunggu hingga dingin dan minum sehari 2 kali.  
  • Ambil seluruh bagian dari tanaman ciplukan, mulai dari akar, batang, daun dan buahnya. Cuci hingga bersih dan rebus bersama 250 mililiter air selama kurang lebih 20 menit. Kemudian saring air rebusan tersebut untuk membuang seluruh bagian tanaman ciplukan yang telah direbus dan minum sehari 2 kali.


Itulah cara dalam mengambil manfaat buah ciplukan untuk darah tinggi yang dapat dilakukan dengan mudah.

0 komentar