Manfaat Buah Belimbing untuk Tekanan Darah Tinggi

03.37
Manfaat Buah Belimbing untuk Tekanan Darah Tinggi

Merasakan sakit kepala yang parah atau sering lelah dan lemah? Hati-hati ini adalah tanda-tanda yang muncul jika Anda mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Penggunaan obat khusus yang diberikan oleh dokter bisa menyelamatkan Anda, tapi tidak salah juga untuk mencoba cara yang lebih alami. Salah satunya adalah manfaat buah belimbing untuk tekanan darah tinggi.

Buah yang memiliki nama latin Averrhoa carambola ini memiliki rasa segar ketika dikonsumsi. Jumlah airnya yang banyak dan tergolong sebagai buah penurun darah tinggi. Hal ini telah dibuktikan dari penelitian mahasiswi Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang pada tahun 2016. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa lansia yang mengkonsumsi jus buah belimbing tekanan darah sistolik dan diastolik menurun.

Mengenal Manfaat Buah Belimbing untuk Tekanan Darah Tinggi


Mengapa buah belimbing mampu menurunkan tekanan darah tinggi? Dokter M. Dejandra Rasnaya juga mengungkapkan kalau ternyata buah belimbing ini mempunyai zat kalium dan pektin. Kedua zat inilah yang menjadi penyebab utama penurunan tekanan darah tinggi. kandungan zat kalium dan pektin adalah penyebab utamanya.

Baca juga: Manfaat Buah Anggur untuk Darah Tinggi

Kalium memiliki fungsi utama dalam pengaturan kontraksi serta relaksasi otot jantung. Oleh karena itu pembuluh darah yang menyempit akan melebar. Selain itu aliran darah juga lebih lancar sehingga tekanan darah pun kembali normal.

Manfaat belimbing buah tidak terlepas dari aneka ragam kandungan di dalamnya. Seperti zat besi, mangan, potasium, dan banyak vitamin seperti vitamin B3, vitamin A, vitamin C dan vitamin B9. Jadi tidak dapat dipungkiri lagi bahwa manfaat buah belimbing untuk tekanan darah tinggi perlu dipertimbangkan untuk menggantikan konsumsi obat.

Supaya manfaatnya lebih cepat dirasakan Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk potongan buah langsung atau dengan membuat jus. Jika ingin membuat jus pastikan tidak menambahkan bahan lain kecuali air. Sehingga manfaat asli buah bisa langsung mengatasi hipertensi.

Perlu diperhatikan juga buah belimbing berfungsi untuk menurunkan serta mengontrol masalah hipertensi yang belum parah. Oleh karena itu sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter supaya tepat penangannya. Jika masalah tekanan darah tinggi sudah merusak ginjal maka tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah belimbing.

Mengkonsumsi buah belimbing saat sudah terjadi komplikasi justru akan menimbulkan masalah seperti kejang dan juga kebingungan. Disebabkan oleh ginjal yang sudah tidak dapat memproses buah belimbing dengan maksimal. Perhatikan selalu kapan harus mengkonsumsinya supaya manfaat buah belimbing untuk tekanan darah tinggi bisa maksimal.

0 komentar