Manfaat Buah Anggur untuk Darah Tinggi

03.34
Manfaat Buah Anggur untuk Darah Tinggi

Tekanan darah rendah merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan sindrom metabolik. Masalah hipertensi paling terjadi pada manusia yang sudah berusia 50 tahun ke atas yang sayangnya jarang disadari. Penderita seringkali baru sadar memiliki tekanan darah tinggi ketika sudah terjadi komplikasi. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui manfaat buah anggur untuk darah tinggi sebelum terjadi gangguan pada organ dalam yang lebih parah.

Ada beberapa komplikasi yang bisa terjadi ketika tekanan darah tinggi mencapai stadium 1 dan 2. Seperti gangguan jantung, ginjal, gangguan saraf hingga stroke. Cara mudah untuk mencegah tekanan darah tinggi bagi Anda yang sudah memiliki riwayat masalah ini sebelumnya adalah dengan mengkonsumsi anggur secara rutin.

Baca juga: Manfaat Buah Apel untuk Darah Tinggi

Benar Tidaknya Manfaat Buah Anggur untuk Darah Tinggi 


Anggur adalah salah satu jenis buah penurun darah tinggi karena fungsinya sebagai penekan kadar natrium atau garam berlebih dalam tubuh. Terlalu banyak garam dalam tubuh akan mengganggu cara kerja ginjal hingga akhirnya tidak bisa meresap racun dari konsumsi makanan lainnya. Jadi tidak heran jika orang yang menderita darah tinggi, sebagian besar akan mengalami kegemukan.

Menurut Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, anggur memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi, dimana kalium itu sendiri akan menekan natrium dalam tubuh. Apakah manfaat buah anggur untuk darah tinggi saja? Tentu saja tidak.

Semua jenis anggur memiliki kandungan serat yang tinggi namun rendah kalori, serta kandungan polifenolnya yaitu antioksidan mampu mengatasi radikal bebas dalam tubuh. Polifenol inilah yang akan mengatasi sindrom metabolik seperti tekanan darah tinggi, menumpuknya lemak di area perut, diabetes, kolesterol, hingga trigliserida.

Anda bisa membuatnya sebagai jus penurun darah tinggi yang tidak dicampur pemanis apapun. Selain diolah menjadi jus, ekstrak biji anggur juga bisa memiliki manfaat untuk mengatasi hipertensi. Menurut penelitian meta analisis yang dilakukan terhadap 810 orang rutin mengkonsumsi ekstrak biji anggur berkurang tekanan darah tingginya.

Angka penurunan yang terjadi merata-rata dari tekanan diastolik adalah 6,08 mmHg dan tekanan darah sistolik 2,8 mmHg. Penurunan tersebut terjadi setelah mengkonsumsi 100-2.000 mg ekstrak biji anggur setiap hari.

Dengan begitu telah terbukti bahwa manfaat buah anggur untuk darah tinggi sangatlah tinggi. Anda bisa menjadikannya pengganti obat penurun darah tinggi yang lebih alami.

0 komentar